Senin, 05 Januari 2015

Latihan untuk kuatkan tulang belakang



Tulang belakang yang sehat didukung oleh otot-otot penunjang yang kuat. Gerakan yang tepat bisa menguatkan otot-otot tersebut. Ada tiga gerakan sederhana untuk memperkuat tulang belakang dari Dr. Martin Knight, ahli kesehatan tulang belakang dari Inggris.


Olah raga pemerkuat tulang belakang diperlukan untuk memperkuat otot-otot yang menunjang tulang belakang. Dalam berolah raga, Dr. Martin Knight memperingatkan agar memperhatikan teknik yang benar agar olah raga tidak malah mencederai tulang belakang.


Demi kesehatan tulang belakang, ia juga mengingatkan agar kita berhati-hati dalam mengangkat beban. Hindari mengangkat beban yang terlalu berat. Dalam berolah raga pun kita harus melakukannya dengan postur yang tepat agar tulang belakang terlindung dan otot pun dikuatkan.


Berikut ini gerakan sederhana untuk memperkuat tulang belakang:

Plank

Gerakan ini memperkuat tulang belakang, perut dan leher.
Berbaringlah telungkup di atas matras bertumpu pada lengan dan jari-jari kaki. Siapkan diri dengan posisi awal push up dan seimbangkan tubuh. Tarik masuk perut dan luruskan tulang belakang. Tahan selama 10 detik dan rilek. Coba ulangi 5 sampai 10 kali sesuai kemampuan. Semakin sering dilatih, tubuh akan mampu menahan posisi ini lebih lama. Mulailah dan tahan tubuh selama Anda merasa nyaman.


Wall Squat

Gerakan ini baik untuk menguatkan otot-otot di bokong sehingga membantu mendistribusi beban di tulang belakang.
Berdirilah dengan punggung menghadap tembok, sisakan jarak sekitar 30 cm dari tembok. Perlahan turunkan tubuh seolah-olah akan duduk di kursi. Lutut harus membentuk sudut 90 derajat. Hati-hati agar punggung menempel di tembok saat bokong turun. Turunkan bokong selama 10 detik dan kembalilah berdiri. Ulangi lima hingga 10 kali.


Crunches

Gerakan ini diperlukan untuk memperkuat perut dan memperbaiki postur. Berbaringlah telentang dengan lutut menekuk dan telapak kaki menempel di lantai. Tangan bisa disilangkan di dada. Kontraksikan perut dan tarik bahu dan dada menjauhi lantai kemudian turunkan kembali. Lakukan gerakan ini selama 20 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar