Kamis, 22 Mei 2014

Tips Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Bakteri selalu menjadi penyebab masalah sakit tenggorokan. Di Indonesia, kebanyakan dari kita akan mencari antibiotik saat sakit tenggorokan menyapa. Padahal, jika terus menerus minum antibiotik juga tidak baik untuk kesehatan.


Untuk sakit tenggorokan ringan, kita sebenarnya bisa mengonsumsi beberapa obat alami, seperti dikutip dari HealthLine.com berikut ini:
Madu
Campurkan teh dengan madu dan atau lemon untuk meringankan sakit tenggorokan. Ramuan ini mampu mencegah infeksi pernafasan dan membantu mengeluarkan dahak pada kasus batuk.
Selain itu, madu juga efektif mencegah infeksi tenggorokan.
Akar licorice
Akar licorice mujarab untuk bantu meredakan sakit tenggorokan dan mengembalikan tidur nyenyak kita. Cukup menyeduhnya dengan air hangat, kemudian dibiarkan dingin dan jadikan obat kumur, maka dalam beberapa waktu saja nyerinya akan berkurang. Akar Licorice juga mencegah iritasi serta infeksi bakteri penyebab peradangan di tenggorokan.
Peppermint
Peppermint oil dapat mengencerkan dahak dan mengobati penyakit tenggorokan ringan. Menurut laporan studi tahun 2008, peppermint mengandung anti peradangan, anti bakteri dan antivirus. Wow!
Garam
Bila nenek kita pernah menyarankan untuk berkumur dengan garam saat sedang sakit tenggorokan, nasehatnya ini tidak salah. Universitas di Connecticut menyarankan hal yang serupa bila tenggorokan mulai terasa gatal dan tidak nyaman. Berkumur dengan air garam akan mengencerkan dahak dan membunuh bakteri jahat di tenggorokan. Selain itu, ia juga dapat meringankan bengkak yang terjadi di dalam tenggorokan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar