Selasa, 01 April 2014

Tulang Kuat Selamanya

Tulang berperan sangat penting dalam tubuh. Terutama tanpa tulang, tubuh pasti akan kesulitan untuk berdiri tegak. Agar tulang tak cepat rapuh, perlu dijaga pertumbuhan dan kesehatannya sedini mungkin. Karena risiko osteoporosis bisa mengancam sesiapa saja. 
Anda pasti sudah tahu apa yang harus dilakukan demi menjaga kepadatan tulang, bukan? Kami ulas sedikit, seperti dilansir melalui Best Health



Lebih banyak kalsium

Kalsium merupakan mineral penting untuk kepadatan tulang. Tingkatkan asupan makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu skim, telur, keju, roti, ikan, kacang almond dan sayuran hijau. 

Tambah asupan vitamin D

Vitamin D membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti daging merah, hati, susu, margarin dan kuning telur. Mau yang murah meriah? Berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi sekitar jam 8 hingga jam 9 tanpa mengoleskan tabis surya. 

Olahraga

Akibat rutinitas setiap hari, kita jarang berolahraga. Padahal olahraga mengurangi risiko osteoporosis. Rutinlah berjalan kaki selama 20-30 menit minimal 3 kali dalam seminggu. Tidak berolahraga membuat tubuh mengeluarkan kalsium lewat urin, bukan menyimpannya di dalam tulang Anda. 

Mulai gaya hidup sehat


Berhenti merokok dan kurangi konsumsi minuman beralkohol dapat membantu menyelamatkan kekuatan tulang Anda. Pasalnya, perokok dan peminum berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis. (ghiboo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar