Kamis, 22 Januari 2015

Menopause

Menopause adalah kondisi dimana wanita telah kehilangan fungsi ovarium, sehingga siklus menstruasi yang rutin terjadi setiap bulannya terhenti. Hal ini disebabkan karena berkurangnya hormon esterogen, dimana hormon ini berperan sangat besar pada proses reproduksi wanita. Pada sebagian besar wanita, hal ini merupakan suatu momok yang menakutkan, karena identik dengan proses penuaan.
Hal yang dikhawatirkan sebagian besar wanita adalah akibat2 yang ditimbulkan dari menopause tersebut, seperti osteoporosis, kerontokan rambut, kekenyalan kulit yang semakin berkurang (menjadi keriput), menurunnya gairah seksual, juga menurunnya massa otot sehingga mengakibatkan beberapa bagian pada tubuh menjadi kendur.


Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, selama para wanita dapat menjaga keseimbangan hormon pada tubuh. Malah, semakin khawatir, hal tersebut dapat membuat stress dan depresi, yang justru akan menambah rentetan akibat dari menopause itu sendiri.
Hal yang utama dilakukan adalah mengembalikan produksi hormon esterogen, dengan mengatur pola hidup dan pola makan. Mengkonsumsi sayuran dan buah2an adalah hal yg wajib dilakukan, khususnya makanan yang mengandung kacang2an (kedelai) seperti tempe, tahu, susu kedelai dll. Hindari merokok dan minuman beralkohol. Olah raga dan minum air putih yang cukup adalah sangat penting, karena pada saat menopause, wanita akan mengalami hot flash (kondisi panas) sehingga dapat mengakibatkan dehidrasi. Semua hal tersebut alangkah baiknya jika dilakukan sedini mungkin sebelum usia 30 tahun.
Terapi hormon secara injeksi tengah marak saat ini untuk menggantikan hormon esterogen. Namun para pakar berpendapat hal tersebut dapat memicu terjadinya kanker dalam jangka panjang. Oleh karena itu mengkonsumsi suplemen herbal dpt menjadi alternatif. Pilih suplemen yang mengandung asam amino tinggi seperti TIENS Spirulina dan juga kandungan vitamin E tinggi seperti TIENS Vitaline.


Istirahat yang cukup, rutin berolah raga dan selalu berpikir positif dapat menjauhkan diri dari stress, akan meringankan kondisi pada saat menopause. Banyak meluangkan wkt dgn keluarga dan tetap bersosialisasi sehingga hari-hari Anda selalu penuh warna!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar