Jumat, 27 Juni 2014

Efek dari Radiasi Ponsel



Sekarang ini, ponsel sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Salah satu kajian yang sampai sekarang masih menjadi perdebatan adalah soal radiasi. Apa ponsel benar-benar berbahaya?
Terlepas dari perdebatan itu, HealthMeUp mencoba mendudukan perkara yang sebenarnya: radiasi ponsel dapat menyebabkan dua jenis efek pada tubuh. Apa itu?

  1. Efek termal.
    Efek ini berkatikan dengan panas yang dihasilkan oleh perangkat selular dan dikirimkan ke tubuh. Panas dari ponsel diproduksi oleh gelombang elektromagnetik. Ketika seseorang menggunakan ponsel, sebagian besar dari mereka akan merasakan efek panas pada permukaan kulit mereka. Tingkat panas yang dihasilkan oleh ponsel masih di bawah matahari. Jadi, tidak akan mempengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh ke otak. Tapi, sadari efek panas pada mata, karena mata tidak terbiasa dengan suhu panas.
  2. Efek non-termal.
    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan The Journal of American Medical Association, paparan sinyal radio yang terlalu sering pada otak dapat menyebabkan peningkatan metabolisme glukosa. Efek non-termal juga dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti penyumbatan aliran darah ke otak, kanker, efek kognitif, penderita yang hipersensitif terhadap elektromagnetik seperti pada kesemutan, sakit kepala, pusing, atau kesulitan berkonsentrasi, lalu kelainan tidur, serta masalah perilaku. (intisari)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar