Kamis, 22 Mei 2014

Bahaya Yang Muncul Jika Anda Kurang Tidur

Banyak alasan yang membuat kita harus terjaga sampai larut malam. Tugas, lembur, skripsi, blogging atau kafein yang membuat kita tidak bisa tidur. Namun, yang namanya kurang istirahat tentu membawa dampak negatif terhadap kesehatan. 
Saat kita terjaga karena ada hal penting, sementara mata sudah mengantuk, kita biasanya akan mengonsumsi kafein. Padahal minuman seperti itu malah membuat kita semakin sulit untuk tidur nyenyak serta mempengaruhi kelelahan fisik yang berakibat pada kematian.
Tak hanya itu temans. Kurang tidur juga dapat berpengaruh terhadap hormon testosteron dan mengurangi kadar testosteron hingga 15%. Hal tersebut tentunya juga berpengaruh terhadap kehidupan seksual. Libido menjadi turun serta kemampuan ereksi juga menurun. Sedangkan dampak lainnya yakni sulit berkonsentrasi, rambut rontok, depresi, dan cepat lelah.
"Namun halnya, kondisi kurang tidur atau bahkan tidak tidur sama sekali sangatlah berbahaya. Seandainya orang yang kurang tidur itu kemudian berkendara, maka hal itu dapat menyebabkan kecelakaan yang akan sangat membahayakan dirinya sendiri maupun pengguna jalan lainnya," menurut dr. Adhiatma dari meetdoctor.com.



Nah, usahakan kita cukup istirahat guna menghindari dampak di atas. Tidurlah minimal 6 hingga 8 jam dalam sehari dan kurangi kafein, kurangi makan malam yang terlalu berat. Jangan lupa mandi air hangat agar tubuh kembali rileks dan mengembalikan energi kita untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Ayo istirahat ! hehehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar